Pengembangan Sistem Komputerisasi/Software Pendataan Administrasi Penduduk Pendatang KIPS/STPPTS Di Kelurahan Ubung

  • 17 Juli 2014
  • Oleh: ubung
  • Dibaca: 1876 Pengunjung
Pengembangan Sistem Komputerisasi/Software Pendataan Administrasi Penduduk Pendatang KIPS/STPPTS Di Kelurahan Ubung

Kota Denpasar yang telah menjadi pusat dari berbagai aktivitas, kini mulai menata diri menuju Kota yang berwawasan Budaya dan Ajeg Bali sebagai salah satu usaha untuk mewujudkan pembangunan yang seimbang sejahtera, lahir dan batin.

Namun belakangan ini mulai terjadi fenomena di kota Denpasar berupa kepadatan Penduduk (Full capacity) dengan luas kota Denpasar hanya 127,88 Km2, dengan perkiraan tingkat hunian sekitar 800.000 orang pada siang hari dan 600.000 orang pada malam hari, sedangkan daya tampung ideal Kota Denpasar  hanya 200.000 s/d 250.000 sesuai data Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. Ini berarti kota Denpasar sudah termasuk sebagai kota yang padat Penduduknya. Untuk itu Kota Denpasar perlu kiranya memiliki Sistem Pendataan Identitas Penduduk yang jelas sebagai langkah untuk mendukung proses Pembangunan di Kota Denpasar.

Untuk mengantisipasi masuknya penduduk pendatang di Kota Denpasar, hendaknya mulai dilaksanakan proses pendataan Penduduk yang sifatnya selektif, baik dari segi identitas berupa KTP, ataupun penjamin yang disertai dengan adanya surat keterangan keahlian/kemampuan/ketrampilan dari instansi berwenang dari daerah asal.

Pendataan tersebut haruslah disimpan dalam database komputer di masing-masing kelurahan maupun desa yang ada di Kota Denpasar, sehingga memudahkan pengendalian dan pemantuan pada saat sidak yang diselenggarakan regular setiap bulan oleh aparat Desa/Kelurahan.

Kelurahan Ubung yang terletak di Denpasar Utara diserbu oleh Pendatang , baik yang berasal dai kabupaten di Bali maupun dari luar pulau Bali. Mereka disini mencari rezeki untuk kehidupan yang lebih baik. maka dari itu, program pengembangan sistem komputerisasi penduduk pendatang KIPS/STPPTS di Kelurahan Ubung sangat bermanfaat

Tujuan dan manfaat dari pembuatan Software KIPS & STPPTS adalah

  • Administrasi Penduduk Pendatang

Software KIPS & STPPTS berguna untuk mendata administrasi penduduk pendatang baik yang berasal dari kota sekitar Pulau Bali maupun dari Luar Pulau Bali. Dengan Proses Input Data , Foto di Tempat , Cetak langsung

  • Pelaporan Data Penduduk Pendatang

·       Laporan KIPS & STPPTS

·       Laporan KIPS

·       Laporan STPPTS

·       Laporan KIPS habis masa berlaku

·       Laporan STPPTS habis masa berlaku

·       Laporan KIPS & STPPTS per Banjar

·       Laporan KIPS & STPPTS per Alamat Tinggal

·       Laporan KIPS & STPPTS per Jenis Kelamin

·       Laporan KIPS & STPPTS per Alamat Asal

  • Perencanaan

Laporan penduduk pendatang mempunyai peran yang penting dalam menggambarkan masa depan kependudukan di Kota Denpasar, karena laporan penduduk pendatang dapat digunakan untuk menetapkan tujuan dan langkah-langkah pembangunan Kota Denpasar ke depannya baik dari semua aspek sehingga tercipta Kota Denpasar yang diinginkan bersama.

Sesuai dengan uraian diatas kami menawarkan sebuah solusi komputerisasi terhadap seluruh aktivitas penduduk pendatang  Software (KIPS & STPPTS )  iniyang sangat mudah dioperasikan.


  • 17 Juli 2014
  • Oleh: ubung
  • Dibaca: 1876 Pengunjung

Artikel Terkait Lainnya

I WAYAN ARIYANTA, SH

Apakah informasi yang disajikan di dalam website Kelurahan Ubung Kecamatan Denpasar Utara dapat bermanfaat bagi anda